Pengenalan Internet

Internet merupakan jaringan komputer global yang diperkirakan saat ini dipergunakan oleh lebih dari 275 juta orang di seluruh dunia. Cikal bakalnya adalah jaringan computer yang dipergunakan Departemen Pertahanan AS yang disebut ARPANET. Tak lama kemudian ARPANET dikembangkan menjadi jaringan yang lebih luas dan disebut Internet. Pada akhir decade 80 ,Internet sudah mulai tersebar ke seluruh dunia, namun masih terbatas pada dunia akademis. Karena Internet menawarkan banyak fasilitas seperti mengirim surat elektronik (email), transfer data, bahkan juga penggunaan video, maka tak heran kalau perkembangan Intenet dan
jumlah penggunanya meningkat pesat.

Internet dapat dibayangkan sebagai sebuah “samudra” komputer di seluruh dunia yang masing-masing terkoneksi satu sama lain dengan menggunakan “kabel”. Mungkin timbul pertanyaan, jika demikian apakah berarti sebuah kabel yang digunakan begitu panjang? Tentu saja tidak. Jaringan Internet meminjam saluran telepon dan media pemancar sebagai “kabel” yang menghubungkan satu komputer dengan yang lain. Jadi sebetulnya, antara satu komputer dengan komputer lain, yang saling berkomunikasi satu sama lain lewat Internet, mungkin saja, menggunakan banyak sekali “kabel” (media komunikasi). Coba bayangkan, sekarang ini Anda bisa saja chatting dari Surabaya ke teman Anda yang sedang bersekolah di Boston. Ada berapa banyak “kabel” yang dibutuhkan untuk itu?
Sedangkan untuk dapat tersambung ke Internet dari rumah, biasanya digunakan modem. Modem ini bertugas untuk mengokonversikan gelombang yang dikirimkan menjadi bahasa yang dimengerti oleh komputer. Dari sinilah muncul istilah Dial-Up Networking. Sebagai contoh praktis, untuk menghubungi TelkomNet Instan, digunakan software Dial-up Networking dengan media komunikasi modem.
Komunikasi Internet ini mempunyai bermacam-macam koneksi. Antaranya adalah seperti berikut :
1. Modem
Modem paling banyak digunakan oleh orang, digunakan dengan menghubungkan dengan Internet melalui line telpon. Ketika browsing web menggunakan modem, kecepatan yang digunakan kebanyakan adalah 56 Kilobit per second (56 Kbps).
2. Cable Modem
Kabel modem dapat melakukan transfer informasi dalam speed lebih dari 3000 Kilobit persecond (3000 Kbps) dengan menggunakan kabel seperti kabel yang digunakan pada televisi. Contoh yang ada sekarang adalah Kabel Vision.
3. ISDN
Singkatan dari Integrated Service Digital Networking, adalah komunikasi telpon menggunakan digital. Kecepatan trasfernya adalah kebanyakan antara 64Kbps sampai 128 Kbps. Contoh penyedia ISDN adalah Telkom.
4. DSL
DSL (Digital Subscriber Line), dengan kecepatan transfer 1000 Kbps sampai 9000 Kbps. (hampir seperti kecepatan LAN 10Kbps).

Dalam berkomunikasi di Internet dibutuhkan alamat. Untuk alamat internet ini biasanya dikenal dengan Uniform Resource Locator. (URL). Untuk tiap web memiliki alamat yang berbeda dan unik. Sebuah web mempunyai URL dengan skema terdiri dari nama web server itu sendiri dan alamatnya. Skema ini mengidentifikasikan akan bahasa, protocol yang digunakan untuk mengakses web. Nama sebuah web server juga dikenal sebagai nama domain, mengidentifikasikan nama server yang disimpan di web. Ada beberapa jenis protocol harus dikenal di internet yaitu :
– FTP (File Transfer Protocol), digunakan untuk tukar menukar file antar pengguna Internet.
– Telnet, digunakan untuk berkomunikasi dan berhubungan dengan komputer lain di intenet.
– Gopher, digunakan mengakses topik-topik informasi dari server yang mendukung Gopher.
– POP3-mail (Post Office Protocol versi 3), layanan e-mail yang biasanya diberikan oleh ISP tempat kita berlangganan internet. Electronic Mail (E-mail) adalah layanan surat elektronik, digunakan untuk mengirim dan menerima surat.
– IRC (internet Relay Chat), layanan yang digunakan untuk bercakap-cakap (dengan modus teks/ tulisan) dengan seluruh pengguna internet didunia dengan topik tak terbatas.
– HTTP (Hypertext Transfer Protocol), Protokol ini merupakan basis dari WWW (World Wide Web), yang dapat digunakan untuk mengakses informasi-informasi atau dokumen dari server yang ditulis dengan menggunakan bahasa HyperText Markup Language (HTML). Pengguna yang menerima informasi atau dokumen tersebut sering disebut sebagai client, dan menggunakan sebuah browser untuk melihat isi dari informasi dokumen tersebut. Untuk mengakses dokumen dari sebuah server www, pengguna melakukannya dengan mengetikkan alamat dari dokumen tersebut di Internet, didahului dengan http://
Fungsi dari browser adalah untuk mengirimkan dan mengambil data dari sebuah web server kemudian menerjemahkan bahasa HTML dari web server tersebut yang hasilnya kemudian ditampilkan pada layer monitor. Browser yang paling banyak digunakan sekarang adalah Microsoft Internet Explorer (MSIE) dan Netscape Navigator (NN).

Categories: Komputer | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

Bacalah!

Membuka Pikiran Anda

The Truth

Toward Robbani Generation!

Jendela Pendidikan

mendidik dengan kasih sayang

Abu Abdurrohman Manado

Berbagi Ilmu Syar'i Dari Berbagai Situs Islam Terpercaya

Inilah Dunia Mita

menikmati detik demi detik hidup nie, karena terlalu indah jika hidup nie terlewatkan begitu saja

Alamendah's Blog

Flora, Fauna, dan Alam Indonesia

GANDANG TASA DURGA

Kesenian Anak Nagari Pariaman

Linux, Komputer & IT

Belajar Teknologi Nih...

Blog Abu Umamah™

Media Belajar Dan Berbagi Ilmu Islam Ahlussunnah Wal Jama'ah

Oki Andriyanto

Setiap Detik Adalah Perjuangan

%d blogger menyukai ini: