Ditemukan, Bilangan Prima Terbesar Mencapai 17 Juta Digit

Jika mendengar istilah bilangan prima yang terlintas di pikiran kita adalah suatu bilangan yang memiliki dua faktor pembagi yaitu satu dan bilangan itu sendiri. Istilah tersebut tentu telah Anda ketahui saat belajar matematika sejak masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Namun, pernahkah Anda berpikir dan menghitung berapakah bilangan prima terbesar.

Baru-baru ini bilangan prima terbesar yang baru ditemukan yaitu terdiri dari 17.425.170 digit angka. Temuan ini langsung mematahkan rekor bilangan prima terbesar sebelumnya tahun 2008 yang hanya terdiri dari 12.978.189 digit angka. Adalah Curtis Cooper, matematikawan dari University of Central Missouri, AS, yang menemukannya
Cooper merupakan sukarelawan pecinta matematika dan tergabung dalam jaringan raksasa yang menggunakan komputer untuk menemukan bilangan prima terbesar. Dengan menggunakan jaringan Great Internet Mersenne Prime Search (GIMPS), memanfaatkan 360 ribu prosesor, dan beroperasi dengan 150 triliun perhitungan per detik.
Bilangan prima terbesar yang diketahui biasanya adalah bilangan Mersenne dengan rumus Mn = 2n − 1. Disebut bilangan Mersenne karena pertama kali diperkenalkan oleh Marin Mersenne 350 tahun yang lalu. Dari seluruh bilangan prima Mersenne yang telah ditemukan, sepuluh bilangan terbesarnya ditemukan dengan menggunakan GIMPS.
Menemukan bilangan prima terbesar menjadi tantangan tersendiri bagi para ilmuwan. “Ini seperti mendaki Gunung Everest. Orang-orang menikmatinya sebagai sebuah tantangan dari suatu penemuan yang belum pernah diketahui sebelumnya,” kata George Woltman, ilmuwan komputer dari Orlando, Florida, yang menciptakan GIMPS.
Menurut Woltman jika menggunakan cara intuitif mencari bilangan prima akan membagi setiap potensial calon kandidat dengan angka tunggal yang lebih kecil dari bilangan itu sendiri, itu akan sangat memakan waktu. “Jika Anda melakukan hal itu akan memakan waktu lebih lama dari usia alam semesta,” kata Woltman.
Oleh karena itu, matematikawan menyusun lebih banyak strategi pintar yang secara dramatis menghemat waktu untuk mencari bilangan prima. Metode ini menggunakan rumus untuk memeriksa angka yang jauh lebih sedikit. Dengan penemuan baru ini Cooper berhak mendapatkan penghargaan dari penemuan penelitian GIMPS sebesar US$3.000.
Categories: Belajar Sains, Matematika | Tags: , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Bacalah!

Membuka Pikiran Anda

The Truth

Toward Robbani Generation!

Jendela Pendidikan

mendidik dengan kasih sayang

Abu Abdurrohman Manado

Berbagi Ilmu Syar'i Dari Berbagai Situs Islam Terpercaya

Inilah Dunia Mita

menikmati detik demi detik hidup nie, karena terlalu indah jika hidup nie terlewatkan begitu saja

Alamendah's Blog

Flora, Fauna, dan Alam Indonesia

GANDANG TASA DURGA

Kesenian Anak Nagari Pariaman

Linux, Komputer & IT

Belajar Teknologi Nih...

Blog Abu Umamah™

Media Belajar Dan Berbagi Ilmu Islam Ahlussunnah Wal Jama'ah

Oki Andriyanto

Setiap Detik Adalah Perjuangan

%d blogger menyukai ini: